Beranda > Resensi Buku, Tarbiyah > Buku “Bagaimana Mendidik Putra-putri Kita”

Buku “Bagaimana Mendidik Putra-putri Kita”

Alhamdulillah telah terbit…

“Bagaimana Mendidik Putra-putri Kita”
Serta Apa Kewajiban Orang Tua dan Anak

Karya : Asy Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu hafidzhahullah

mendidik-putra-putri.jpg

Aqidah dan ibadah yang benar, haruslah ditanamkan kepada anak-anak kita semenjak kecil, sehingga anak-anak kita dapat benar-benar kokoh dalam agamanya di tengah keadaan jaman dan masyarakat yang ada sekarang ini maupun masa akan datang. Sehingga mereka benar-benar menjadi anak shalih dan shalihah sepeninggal kita para orang tuanya.

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menuntunkan kepada umat tentang perkara penting ini, mulai dari masalah tauhid, ibadah, muamalah, maupun yang lainnya dengan sempurna. Di dalam buku berjudul asli “Kaifa Nurabbi Auladana” ini, asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, salah seorang murid asy-Syaikh al-Albani rahimahullah, menjelaskan kepada kita bagaimana mentarbiyah putra-putri kita sesuai tuntunan sunnah.

Di antara kelebihan tulisan beliau ini, adalah mudahnya kita memahami pembahasan yang beliau bawakan dalam tema ini, dengan disertai petunjuk-petunjuk praktis mentarbiyah anak yang dibagi dalam bab-bab yang mudah diikuti. Demikianlah yang menjadi ciri beliau dalam menulis buku-bukunya, yang dengannya menjadi mudah umat mengambil faedah.

Pembahasan buku ini menjadi tambah penting, ketika kita melihat masyarakat kita yang sebagian mereka menyia-nyiakan anak-anaknya karena tidak memperhatikan pendidikan agama yang benar. Sebagian mereka disibukkan dengan mengutamakan pendidikan untuk kehidupan dunia anaknya semata.

Alhamdulillah, kini telah hadir di tengah kita buku terjemah dari kitab yang berfaedah ini, yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Ilmu dengan judul:
“Bagaimana Mendidik Putra-putri Kita”
Serta Apa Kewajiban Orang Tua dan Anak

Mukaddimah dari Syaikh :

Sesungguhnya tema pendidikan anak adalah perkara yang sangat penting. Pada perkara inilah kemaslahatan akan datang kepada orang tua dan anak-anak secara bersama-sama. Bahkan, kemaslahatan umat dan masyarakat sangat tergantung padanya. Oleh sebab itu Islam dan para pakar pendidikan sangat memperhatikan masalah ini.

Dan pemimpin tertinggi para pendidik itu adalah seorang Rasul yang muallim, seorang yang mengajari, yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Allah telah mengutusnya sebagai pendidik, pembimbing para ayah dan anak-anak, agar mereka mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Oleh sebab itu kita dapatkan di dalam Al-Qur’anul Karim -yang padanya terdapat kemaslahatan serta kemenangan kita-, Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan kisah-kisah pendidikan yang mengandung banyak manfaat, seperti kisah Luqman Al-Hakim yang menasihati putranya dengan wasiat mulia yang bermanfaat.

Itu pulalah yang ditanamkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terhadap putra pamannya Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma sejak kecil, yaitu aqidah tauhid. Para pembaca diharapkan mampu menemukan itu semua, juga persoalan lain dalam kitab ini berupa kewajiban orang tua kepada anaknya, serta kewajiban anak kepada orang tuanya.

Buku ini bisa dibeli secara online di sini.

Atau di tempat-tempat kajian.

Sumber: http://penerbit.al-ilmu.com/2007/03/20/bagaimana-mendidik-putra-putri-kita/#more-11

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: